Ada Cinta dari Sekarung Sampah

16 Mar 2015

crew bank sampah

crew bank sampah

Tsah.kece badai deh judulnya, jarang-jarang nih saya kasih judul cetar melankolis sangat, hehehe e tapi e tapi beneran lho emang ceritanya nih berawal dari sampah. Jadiceritanya dua bulan yang lalu(maaf ya baru posting) karena di salah satu kampus eike diwajibkan mengambil matkul KKN buat salah satu kelulusan mahasiswanya, jadilah saya ambil mata kuliah ituh. Karena ke sok sibukan saya, akhir kata milihlah saya dengan mengambil non regular yang alias KKN nya sabtu minggu sabtu minggu full selama 2 bulan full. Dan entah kenapa saya yang daftarnya barengan sama geng geje yang bernama KAMPIUN, eh cuma saya aja yang tidak masuk satu kelompok bareng mereka. Kalo kata petugas LPPM nya sih, yah baguslah lah mbak jadi bisa ketemu temen-temen baru. Okelah fix, kenalan dan bersosialisasi di tengah masyarakat dan tentunya teman-teman baru.

Dan hari dimulainya KKN pun datang, mulai dari persiapan KKN, rapat tiap kelompok, penyusunan pengurus, persiapan masing2 divisi, dll. Akhirnya saya pun memutuskan untuk bergabung di divisi Penanaman Mangrove, dimana isinya yaitu program penanaman Mangrove untuk mencegah abrasi di daerah pantai. Dua minggu sebelum KKN resmi dibuka, diumumkan kalo divisi ini dihapuskan, jadi anggotanya harus merapat ke divisi yang lain. Okelah, ada 3 pilihan divisi, aku ikut PAUD aja, sahutku. Oke mbak intan PAUD, suara dari kelompok inti. Eh bentar-bentar, sesosok mbak-mbak berambut panjang memecah keheningan rapat. Divisi PAUD sudah kebanyakan cewek, jadi mending divisi PAUD ditambah cowok aja, dengan suara mendayu dayu serak ala syahrini. Eladalah, sombong amat nih cewek, mentang-mentang divisinya cewek-cewek semlohay nolak model-model kayak saya, DISITU KADANG SAYA MERASA SEDIH L. Okelah saya pindah divisi BANK SAMPAH aja, dengan suara tegas bak anggota DPR yang lagi interupsi. Oke, mbak intan Bank Sampah.

Nah lo apaan BANK SAMPAH, ngliat dari anggotanya aja udah gak yakin nih divisi bakalan jalan. Secara kalo diliat nih anggota terdiri dari cowok-cowok galau yang jarang hadir pas rapat. Eh eh eh tunggu, saya cewek sendirian disiniii..oh noooitu artinya saya bagaikan seorang putri di segerombolan para penyamun, hahahaha.Seminggu sebelum hari H, ngebutlah saya dan sang ketua divisi intuk menyusun anggaran selama KKN berlangsung. Betul kan dugaan saya, paling yang rajin cuma saya sama ketuanya aja, secara anggotanya terdiri dari galauners-galauners tingkat akut. Akhirnya ada tiga orang yang ngebut bikin rancangan program kerja sama anggaran, itupun kita komunikasinya by email, bbm, sms, tlp, gak kayak mbak PAUD yg tiap kali rapat selaaaluuuu ketemu(ini gara2 dia sering woro2 di grup bbm kelompok). Ngeloby Pak RW, ngeloby Pak RT, bimbingan sama dosen pembimbing, tanya-tanya sama kader Bank Sampah Kelurahan, ngeloby karang taruna setempat, wus wus wus dan itu Cuma dilakukan sama tiga ekor manusia yang mulia hatinya, ecieee

Hari pertama KKN, divisi yang lain sudah pada heboh dengan persiapan alat-alatnya, nah divisi kita aja nih yang mlongo gara-gara persiapan kita belum mateng, banyangin aja, divisi hidroponik udah siap sama alat-alat untuk tanam menanam, divisi PAUD udah siap alat-alat untuk ajar anak-anak PAUD, nah kita.. eng i eng.masih ngeloby sama PAK RW dan Kartar setempat. Minggu kedua pun kita masih plonga plongo mo ngapain, akhirnya tercetuslah PLAN B, yaitu membuat kompos, memper-memper lah sama kata-kata sampah,hehehedan baru hari minggu nya kita punya rencana buat door to door ngambilin sampah masyarakat sekitar lalu ditulis dalam sebuah buku tabungan. Dannn.respon masyarakat sangat luar biasa, satu hari kita udah bisa ngumpulin sampah 10 karung beras. Yang lebih menggembirakannya lagi divisi kita dinyatakan kedalam program tersukses KKN satu universitas. Bangga nya lhoooo..Belum lagi anggota Bank Sampah yang berjumlah 12 orang berasa keluarga sendiri, canda, tawa, sedih amarah kekumpul jadi satu. Walalupun pada akhirnya ketua Bank Sampah menghilang ditengah-tengah KKN berlangsung, usut punya usut sih dia ikutan pendidikan militer yang jauh dari Surabaya. Fiuhhhh.bener2 amazing deh

Dedikasi untuk Divisi Bank Sampah KKN UNTAG non regular semester genap 2014, Love U all.


TAGS KKN bank sampah surabaya


-

Author

Follow Me